28 Juli 2015

Cerclage dengan BPJS Part 2

Ini lanjutan dari Cerclage dengan BPJS Part 1

Esok paginya kami datang ke rumah sakit sudah membawa persiapan untuk rawat inap. Tindakan cerclage ini termasuk operasi kecil, jadi nginep semalem aja, kalo ga ada masalah esoknya lagi sudah boleh pulang.
Kami bertemu dokter Upik di ruang prakteknya. Beliau menjelaskan rencana operasi hari itu. Untuk tindakan operasi dan rawat inapnya akan ditanggung oleh BPJS, namun untuk benang cerclage dan obat-obatannya dokter meminta kami membeli sendiri karena tidak ditanggung BPJS. Rincian harganya seperti ini:
Benang cerclage : 650.000
Bactesyn 3 ampul : 600.000
Obat anti kontraksi : 1.200.000

Huftt lumayan juga yah, tapi daripada mesti bayar semua-muanya segini juga udah alhamdulilah..
Setelah dari ruang dokter, kami harus menunggu dokternya selesai praktek sedangkan berkas saya diurus oleh perawat. Kami menunggu skitar 2 jam sampai dipanggil oleh perawat untuk tes darah, dan setelah itu saya diantarkan ke ruang tunggu operasi untuk bersiap-siap..

Di ruang tunggu operasi sudah ramai orang, hasil dari nguping obrolan orang-orang, hari itu banyak yang di cesar dan dikuret. Saya ganti baju operasi kemudian dipasang infus dan obat anti kontraksi serta tes alergi bactesyn yg perih itu. Hikss udah lama ga ketemu jarum ternyata rasanya makin pedih ya... (Alhamdulilah selama ini saya gapernah berobat ke rumahsakit selain karena hamil). Selama menunggu itu rasanya gak karuan.. Walaupun ini operasi sirklase yg kedua kalinya tapi tetap saja rasanyaaa berat penuh kekhwatiran. Tapi MasRoy selalu mengingatkan, ini adalah ikhtiar kita untuk mempertahankan kehamilan agar dede bisa lahir dalam keadaan yg mature sehat normal sempurna. Amiin ya robbal alamiin..

Dan tibalah saat saya didorong menuju ruang operasi.. Ah rasanya ingin dibius total saja deh.. Tapi karena operasi kecil jadi biusnya setengah badan saja, dari perut sampai ke kaki. Saya sadar saat dioperasi namun saya pejamkan mata sambil terus berdoa tanpa henti..
Selama proses itu ada perawat yg bercerita kalau diapun 'hasil' dari operasi cerclage, jadi 20tahunan yg lalu ibunya menjalani tindakan cerclage tanpa bius dan berhasil melahirkan 2 anak yang tumbuh besar sampai sakarang..

Operasinya cuma sebentar, pas dokternya bilang, "Bu, sudah selesai ya." Saya malah bengong, loh kok cepet banget. Selesai urusan di ruang operasi, saya didorong lagi ke ruang tunggu, MasRoy udah ada disana dan saya amat kedinginan efek dari obat bius.. Setelah beberapa saat saya dijemput perawat untuk pindah ke ruang rawat inap..

Adakah pelayanan yg berbeda antara bayar sendiri dengan BPJS?
Saya mendapatkan ruang rawat kelas 1 sesuai dengan yg di kartu BPJS, sekamar isinya 2 orang. Tapi ternyata menu makannya berbeda :p kalo pelayanan perawat dan dokter sih kerasanya sama ajaa..

Setelah menginap satu malam, siangnya dokter visit dan bilang boleh pulang dengan beragam pesan salah satunya mesti bedrest dulu, kalau udah lewat 2 minggu dan tidak ada masalah baru deh saya boleh melakukan aktifitas ringan. Saya juga mesti jaga diri gaboleh sakit, gaboleh keputihan dan hindari infeksi sebisa mungkin. Kalau ada kontraksi mesti langsung ke rumahsakit. Saya pun dikasi nomer HP dokternya untuk mengabarkan kalo ada masalah. Siap dok.

Sekian cerita saya hari ini.. Alhamdulilah hari ini kehamilan saya sudah 26 minggu, masih butuh 11 minggu lagi untuk mencapai 37 minggu baru bisa dilepas jahitan cerclage nya. Saya mohon doa dari para pembaca untuk kelancaran proses kehamilan dan persalinan nanti, juga doa agar anak yg saya kandung menjadi anak sholih hafiz yang meneruskan risalah Rasulallah SAW.. Semoga para pembaca mendapat keberkahan dari setiap kata Aamiin yg dilafalkan..



2 komentar:

  1. Mba.. Untuk kehamilan ini jd nya mba lahiran di usia kandungan brp weeks kah? Apakah lahir normal atau caesar?

    BalasHapus
  2. Berarti mbak sdh pernah lahir prematur sekali ya?

    BalasHapus